Langsung ke konten utama

BIJAK MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS





Description: D:\Screenshot_2014-12-07-21-26-58.pngDescription: D:\images.jpeg            Makanan pedas kini semakin banyak dinikmati oleh para pecinta kuliner kalangan remaja. Tak heran jika banyak kita jumpai tempat-tempat makan yang menyajikan menu makanan pedas sebagai menu utamanya. Para pemilik tempat makan mulai berlomba-lomba menyajikan olahan makanan pedas yang beranekaragam. Makanan tersebut memiliki tingkat kepedasan dari level yang terendah hingga level yang super pedas. Rasa pedas yang dihasilkan dari olahan cabai segar, yang telah diracik menjadi sebuah bumbu masakan, menjadi bahan dasar utama yang dapat menghasilkan rasa pedas pada makanan tersebut. Berbicara mengenai makanan pedas, para pecinta kuliner nampaknya harus berhati-hati dan bijak dalam mengkonsumsi makanan yang berasa pedas ini. Sebab jika kita tidak bijak dalam mengkonsumsi, makanan yang kita makan akan mendatangkan penyakit bagi peminatnya.
           
            Bahaya makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata mendatangkan masalah kesehatan bagi tubuh. Berikut ini 7 Bahaya Makanan Pedas :
1.    Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda.
2.    Makanan pedas mengakibatkan penyakit Gastritis atau maag akut.Gejala gastritis yaitu seperti muntah, mual-mual, diare.
3.    Makanan pedas mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah.
4.    Makanan pedas mengakibatkan anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sehingga sebaiknya anda tidak memakan makanan pedas di saat malam hari. Karena istrihat anda tidak akan nyaman.
5.    Makanan pedas mengakibatkan anda akan kehilangan nafsu makan. Jadi usahakan untuk mengurangi makanan yang berasa pedas untuk kesehatan tubuh anda.
6.    Makanan pedas mengakibatkan berat badan anda semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan dari kebiasan memakan makanan yang pedas jika anda ingin agak gemuk atau anda yang tergolong kurus.
7.    Makanan pedas mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut.
Description: D:\Screenshot_2014-12-07-21-28-45.png            Dibalik bahaya mengkonsumsi cabai yang dilakukan secara berlebihan, tidak banyak orang yang tahu bahwa cabai juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Selama ini mungkin kita berpikir sumber vitamin c paling utama terdapat pada buah jeruk. Namun banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa kandungan vitamin c terbanyak justru terpadat pada cabai. Bahkan vitamin C pada satu cabai rawit lebih banyak daripada satu buah jeruk. Cabai adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan gizi. Cabai rawit memiliki banyak kadar vitamin C dan betakaroten (provitamin A), lebih tinggi daripada buah-buahan seperti jeruk, nanas, mangga, dan semangka. Bahkan kandungan mineral pada cabai rawit, khususnya kalsium dan fosfor, mengalahkan ikan segar. Namun vitamin C cabai hijau lebih kaya dibanding cabai rawit. Sifat ini juga terdapat pada paprika merah yang kandungan vitamin C-nya dua kali lipat lebih banyak dari paprika berwarna lain. Kadar betakaroten paprika merah juga lebih tinggi 9 kali lipat dibanding paprika hijau. Bagian dekat kulit paprika terdapat kadar betakaroten paling banyak.
            Rasa pedas pada cabai disebabkan oleh zat bernama kapsaisin yang terdapat pada biji cabai. Kapsaisin ini memiliki sifat stomakik, yaitu berfungsi untuk menambah selera makan. Selain itu cabai juga mengandung hormon endorphin yang membuat makanan terasa lebih nikmat. Maka tidak heran, sambal pedas membuat kita ingin makan lebih banyak. Manfaat kesehatan dari kapsaisin juga tidak boleh dianggap remeh. Kapsaisin dapat meredakan sinuitis dan mengencerkan lendir sehingga meredakan hidung dan tenggorokan yang tersumbat. Cabai juga dianggap sebagai antibiotik alami. Ini karena cabai dapat mecegah resiko stroke, impotensi, penyumbatan pembuluh darah, dan penyakit jantung koroner. Rutin mengkonsumsi capsaicin juga dapat mebuat darah tetap encer dan mencegah pembentukan kerak lemak pada pembuluh darah. Sehingga cabai juga berkhasiat mencegah penggumpalan darah atau trombosis. Manfaat lain dari cabai yaitu mengurangi rasa sakit saat sakit kepala, nyeri sendi, terluka, dan lainnya. Cabai juga dapat membantu mengurangi kolestrol, mengobati migraine, meredakan perut kembung, dan membuat badan lebih fit setelah sakit. Oleh karena itu, bijak dalam mengkonsumsi cabai sangat diperlukan agar kita dapat mengambil manfaat yang terkandung dalam cabai untuk kesehatan tubuh kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Puisi “Nasehat-Nasehat Kecil Orang Tua Pada Anaknya Berangkat Dewasa”

METAFORA be a great blog 1. Analisis Puisi “Nasehat-Nasehat Kecil Orang Tua Pada Anaknya Berangkat Dewasa” Nasehat-Nasehat Kecil Orang Tua Pada Anaknya Berangkat Dewasa Oleh: Taufik Ismail Jika adalah yang harus kaulakukan Ialah menyampaikan kebenaran Jika adalah yang tidak bisa dijual-belikan Ialah yang bernama keyakinan Jika adalah yang harus kau tumbangkan Ialah segala pohon-pohon kezaliman Jika adalah orang yang harus kauagungkan Ialah hanya Rasul Tuhan Jika adalah kesempatan memilih mati Ialah syahid di jalan Ilahi April, 1965 Hasil analisis:             Ketika seseorang anak mulai menginjak usia kedewasaan, tentunya ia memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap dirinya dan keluarganya. Ketika anak mulai beranjak dewasa, saat ia mampu bekerja sendiri mencari uang untuk memenuhi kebutuhannya, tanggung jawab orang tua kepada anaknya itu perlahan akan bebalik menjadi tanggung jawab seorang anak untuk orang tuannya. Oleh karena itu, pada puisi “ Nase

MACAM GAMES UNTUK ICE BREAKING

METAFORA be a great blog PANDUAN  WICARA KELOMPOK 09 PERMAINAN (GAMES) Di dalam materi wicara kelompok 09 ini berisikan teori tenang games yang meliputi Unjuk Kebolehan  ( Yel-Yel ), Akting Beregu ( Team Acting ), Sebut Nama Panggilan ( Say The Nickname ), Perang  Fantastik  ( Fantastic War ), Apa Selanjutnya? (What’s Next?); Mari Kita Bercerita! ( Let’s Tell A Story !), Resep Gotong Royong ( What’s in The Soup? ), Ceritakan Gambar  ( Telling The Picture), Bisik Berantai ( The Grape Vive ), Kontes Ucapan ( Pronounciation Contest ), Dua Puluh Pertanyaan ( Twenty Question ), Teka-Teki ( Guessing ), dan Tebak Gerak-Gerik ( Guess The Gestures ) TUJUAN PEMBELAJARAN             Setelah menerima sajian tentang pokok bahasan wawancara ini diharapkan mahasiswa dapat: (2) menunjujkkan contoh-contoh permainan (games) dalam kegiatan wicara kelompok; dan (1) melakukan simulasi permainan (games) dalam kegiatan wicara kelompok sesuai denganj aturan main yang telah ditentukan. K

KRITIK SASTRA CERPEN ANAK KEBANGGAN

Nama          : Enif Nurul Khoirubianti NIM/OFF   : 110211413115/BB WUJUD KECINTAAN SEORANG AYAH YANG DISALAH GUNAKAN OLEH ANAK YANG DIBANGGAKANNYA Judul Cerpen             : Anak Kebanggaan Halaman                       : 15-26 Penulis                         : A.A. Navis Penerbit                      : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit            : Cetakan ke-16, 2010 1. Sinopsis cerpen “Anak Kebanggan” karya A. A. Navis             Ompi adalah seorang duda yang ditinggal mati oleh istrinnya, selain itu Ompi juga seorang yang kaya raya. Setelah kepergian istrinnya, Ompi hanya tinggal dengan anak semata wayangnnya yaitu, Indra Budiman. Ompi berangan-angan anaknya menjadi seorang dokter. Akhirnnya, Indra Budiman pergi ke Jakarta untuk melanjutkan studi SMA disana. Semenjak itu, Ompi yakin anaknya akan menjad